Ayam bangkok
Adu Ayam S128

7 Penyakit Berbahaya Yang Menyerang Ayam Bangkok

7 Penyakit Berbahaya Yang Menyerang Ayam Bangkok – Admin s128 kembali lagi dalam artikel 7 Penyakit Berbahaya Yang Menyerang Ayam Bangkok dan cara mengatasih penyakit ini. jika kita, atai penghobi ayam bangkok atau pebisnis ayam bangkok di teror penyakit berbahaya, pasti nya sangat merugikan sekali. Bukan hanya materi yang habis, malah waktu dan tenaga telah habis terbuang karena penyankit yang kerap menyerang ayam bangkok. Ayam Bangkok adalah bagian dari makhluk hidup, layakanya manusia dan tumbuhan yang setiap saat bisa saja terserang penyakit.

Ayam Laga – Bagi para peternak penyakit sudah dianggap menjadi musuh selama ber abad-abad. Masalah yang satu ini sudah menjadi resiko dan tantangan tersendiri bagi peternak atau pecinta ayam bangkok bangkok . Bahkan dalam kejadian paling ironis penyakit ayam bangkok bangkok dapat menimbulkan kerugian besar.

Laga Ayam – Mungkin bagi peternak yang sudah pengalaman penyakit dan wabah penyakit merupakan hal yang biasa. Lantas bagaimana mereka yang masih baru dalam hal budidaya ayam bangkok ? Tentunya pengalaman dan pemahaman mereka masih kurang. Maka dari itu pada kesempatan kali ini penulis akan membahas beberapa penyakit ayam bangkok bangkok berbahaya dan cara mengatasinya. Harapan kami tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna.

7 Penyakit Berbahaya Yang Menyerang Ayam Bangkok Serta Cara Mengatasinya
1 Flu Burung
Flu burung merupakan penyakit unggas paling berbahaya dan hingga saat ini belum diketahui cara pengobatanya. Ironisnya penyakit ini dapat menyebabkan ayam bangkok mati dalam waktu sangat cepat. Flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1, dan sudah masuk kategori wabah penyakit. Penyakit ini dapat membunuh unggas dalam jumlah besar karena sifat penyakitt ini menular. Karena samapai saat ini belum ditemukan obat bagi flu burung maka para peternak hanya bisa melakukan pencegahan agar penyakit ini tidak menyerang. Virus flu burung mampu berkembang dengan cepat lewat kotoran dan udara. Jadi tidak heran kalau virus yang satu ini dapat meluas pada suatu daerah. Gejala paling mencolok dari flu burung diantaranya adalah jengger ayam bangkok berwarna ungu seperti lebam, mata dan hidung unggas mengeluarkan cairan serta tingkat kematian unggas sangat tinggi.

Pengendalian Penyakit Flu Burung:
Selalu waspada jika gejala flu burung sudah mulai terlihat di lingkungan anda, Jika ada ayam bangkok yang terinfeksi sebaiknya singkirkan atau dimusnahkan, Selalu rutin menjaga kebersihan kandang, Sebaiknya kandang ayam bangkok bangkok dibuat terlindung dari aktivitas unggas lain, dengan demikian resiko ayam bangkok terserang flu burung jauh lebih rendah.

2 Penyakit Tetelo
Tetelo adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang semua jenis unggas termasuk ayam bangkok . Tetelo disebabkan oleh virus paramyxo yang awal mulanya muncul di Negara Inggris pada tahun 1926. Gejala paling parah dari penyakit tetelo dapat menyebabkan tingkat kematian yang tinggi pada unggas.

Gejala Tetelo
ayam bangkok terlihat lesu dan tidak bertenaga,
Hidung dan mata ayam bangkok mengeluarkan cairan,
Gejala yang paling terlihat adalah di bagian paruh dan tenggorokan ayam bangkok mengalami pembengkakan,
Jika dibiarkan penyakit ini akan semakin parah dan dapat menyebabkan kematian pada ayam bangkok .

Cara Mengatasi Penyakit Tetelo
Lakukan pencegahan dengan memberikan vaksin NCD secara rutin agar ayam bangkok tidak terkena tetelo.
Cara alami yang bisa ditempuh ialah dengan memberikan minuman berupa perasan air daun pepaya kepada ayam bangkok .

3 Penyakit Bronkitis
Penyakit bronkitis pada ayam bangkok bangkok bangkok bisa dimaksukan ke dalam kategori penyakit berbahaya. Bronkitis disebabkan oleh virus yang menginfeksi saluran pernafasan ayam bangkok dan memiliki resiko penularan sangat tinggi. Meskipun tidak separah penyakit flu burung dan tetelo, penyakit bronkitis juga mampu menimbulkan kerugian besar.

Angka kematian tertinggi penyakit bronkitis ialah jika menyerang ayam bangkok yang masih berusia muda. Dampak lain dari penyakit ini dapat menghambat pertumbuhan ayam bangkok muda serta menurunkan tingkat produktivitas ayam bangkok dewasa. Gejala paling terlihat dari penyakit bronkitis ialah ayam bangkok mengalami sesak nafas, mata berair, nafsu makan menurun dan ayam bangkok akan terlihat kurus. Proses penularan virus ini terjadi dengan cepat lewat udara, jadi tidak jarang penyakit ini mewabah di dalam kelompok peternakan.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Penyakit Bronkitis ayam bangkok Bangkok
Lakukan sanitasi dan secara rutin menjaga kebersihan kandang,
Secara rutin melakukan vaksinisasi supaya ayam bangkok terhindar dari penyakit bronkitis dan penyakit lainnya,
Segera evakuasi ayam bangkok yang terserang penyakit, serta lakukan pemusnahan untuk ayam bangkok yang mati dengan cara dibakar.

4 Penyakit Snot
Penyakit Snot adalah salah satu penyakit ayam bangkok yang dapat menimbulkan kerugian. Penyakit ini dapat ditangani dengan pengobatan, meskipun demikian jika dibiarkan penyakit snot dapat mengancam ayam bangkok ternakan anda. Penyakit snot disebabkan oleh bakteri haemophillus gallinarum yang merupakan bakteri pengganggu pernafasan. Snot masuk ke dalam kategori penyakit menular, jadi akan sangat berbahaya sekali jika tidak segera diatasi.

Gejala ayam bangkok terserang penyakit Snot
Flu pada ayam bangkok yang ditandai hidung mengeluarkan cairan, Cairan di hidung kemungkinan bisa mengental dan dapat menyebabkan kematian,
Lendir mempunyai aroma busuk dan menyengat, Sistem pernafasan ayam bangkok akan mengalami gangguan, Nafsu makan ayam bangkok menjadi menurun, Penularan penyakit cepat mewabah ke unggas lainnya, ayam bangkok menjadi mudah terinfeksi penyakit lain,

Obat Snot yang dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit snot
Sulfamerasin,
Kitolod Snot platinum,
Stop Snot Plus,
Theraxin Etreme,
Anti Snot,
Dan anda bisa juga menggunakan ramuan herbal racikan sendiri seperti kunyit, jahe dan kencur.

5 Berak Darah
Sesuai dengan namanya, berak darah adalah penyakit yang menyerang ayam bangkok sehingga ayam bangkok yang terinfeksi akan mengeluarkan kotoran darah. Kemungkinan besar penyakit ini diakibatkan masalah pencernaan ayam bangkok terutama pada bagian usus. Penyakit ini lumayan susah untuk ditangani, kerusakan usus pada ayam bangkok akibat inveksi bibit penyakit dan bakteri membuat langkah penanganan penyakit ini menjadi sulit. Gejala yang paling mencolok jika ayam bangkok terkena penyakit berak darah ialah terlihat pada kotoran ayam bangkok yang bercampur darah.

Mengatasi berak darah pada ayam bangkok bangkok
Anda bisa melakukan pengobatan dengan 2 cara, yaitu pengobatan tradisional dan kimia:

Pengobatan kimia bisa ditempuh dengan memberikan obat yang berfungsi menyehatkan pencernaan ayam bangkok , seperti Sulfonamide atau Amprolium, serta berikan asupan tambahan vitamin kepada ayam bangkok . Berikan pakan dengan teksur yang lunak serta berikan pakan sayur-sayuran. Kemudian anda dapat memberikan racikan jamu kepada ayam bangkok bangkok kesayangan anda.

6 Penyakit Ngorok
Penyakit Ngorok atau pilek memang terlihat sepele, tapi jika dibiarkan penyakit ini bisa menjadi ancaman serius. Akibat hal ini sebaiknya kita lebih waspada tahu bagaimana cara mengobati apenyakit yam ngorok.

Penyakit ngorok disebabkan karena suhu dan kelembapan, terinfeksi penyakit da pola perawatan para peternak ayam bangkok bangkok itu sendiri. Pengobatan ayam bangkok ngorok ini bisa dengan metode alami (tradisional) atau bisa juga menggunakan obat-obatan berbahan kimia. Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara penanganan penyakit ini anda bisa membaca tulisan Cara Mengobati ayam bangkok Ngorok.

7 Penyakit Akibat Perubahan Musim
Seperti yang kita ketahui kalau di Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Di antara kedua musim tersebut terdapat masa diantara tahap pergantian musim, atau biasa dikenal dengan istilah musim pancaroba. Perubahan musim sudah menjadi ancaman para peternak sejak dulu. Pada masa ini ayam bangkok akan lebih rawan terserang penyakit. Meskipun tidak ada penyakit khusus “penyakit musiman”, tapi musim pancaroba dapat memicu berbagai macam penyakit. Maka dari itu sangat penting bagi para peternak untuk melakukan pencegahan dan antisipasi saat musim pancaroba.

Tips Menghadapi Musim Pancaroba
Pastikan keadaan lingkungan kandang tetap nyaman
Kemudian pastikan sebelum memasuki musin pancaroba ayam bangkok dalam keadaan sehat,
Hindari hal-hal yang dapat memicu pertumbuhan penyakit dan usahakan mengutamakan kebersihan.

Nah itulah penjelasan seputar 7 Penyakit ayam bangkok Bangkok Berbahaya serta Cara Mengatasinya, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Sebagai seorang peternak kita harus lebih teliti dan hati-hati akan ancaman penyakit ayam bangkok yang kemungkinan dapat merugikan.